Kamis, 22 Oktober 2015

Pengertian konsep New Media

Pengertian new media

New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Konsep new media

Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai " media baru " adalah digital , sering kali memiliki karakteristik yang dimanipulasi , menggunakan jaringan , padat , kompresibel , dan interaktif . Beberapa contoh mungkin internet , website , multimedia komputer , game komputer , CD -ROM , dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi , film , majalah, buku , atau publikasi berbasis kertas - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital " .

Sebagai konsekuensi dari merangkum cepat Media Baru oleh bisnis, komunikasi, dan lain-lain, pertanyaan " apa itu New Media? " tidak menerima tanggapan resmi atau standar yang ditetapkan. Sebaliknya , tanggapan untuk pertanyaan ini sering mensyaratkan serangkaian kata kunci basi atau frase kosong yang efektivitasnya yang belum ditentukan . Pertanyaan tentang media baru bukan pertanyaan yang hanya seperti daftar mainan baru dan alat-alat. Sebaliknya , ada pertanyaan kualitatif yang kita kaitkan sebagai produk atau elemen dari New Media . Sebuah pertanyaan yang baik sebagai ganti dari " apa itu New Media? " Adalah " apa yang bukan New Media? ". Yang pasti , ada beberapa petunjuk pasti untuk membimbing pertanyaan para pengguna abad 21.

Istilah " media baru " tampaknya lari dari pengertian aslinya. Secara luas , media baru adalah cara mengatur awan teknologi , keterampilan , dan proses yang berubah begitu cepat sehingga tidak mungkin untuk sepenuhnya menjelaskan apa alat dan proses tersebut. Misalnya, ponsel di akhir 1980-an bisa dianggap sebagai bagian dari media baru , sementara hari ini istilah mungkin hanya berlaku secara selektif untuk jenis dari telepon tertentu dengan sistem aplikasi yang diberikan , atau bahkan yang lebih umum , isi dari aplikasi tersebut. Bagian dari kesulitan dalam mendefinisikan New Media adalah bahwa ada kualitas yang sulit dipahami untuk gagasan dari kata " baru”. Kemungkinan tak terbatas untuk komunikasi, untuk inovasi , dan pendidikan tentu saja merupakan elemen dasar yang membentuk konsepsi kita tentang penggunaan New Media mulai saat ini.

Namun demikian, dalam mencari definisi " New Media " kita perlu beberapa prinsip dasar yang dapat membantu kita mendapatkan pemahaman positif yang lebih baik dari apa itu New Media apa yang bukan New Media. New Media dapat dicirikan dengan penggunaan beraneka ragam gambar , kata , dan suara . Jaringan dari gambar, suara , dan data teks tersebut berbeda dari format media lama seperti surat kabar cetak karena karakteristik bersarang (nesting).

Nesting adalah cara mengatur penyajian informasi yang sesuai dengan subyek sementara perhatian tambahan untuk konteks. Di tempat konteks , nesting ( paling sering terlihat di teks atau gambar hyper- linking ) adalah format yang menumbuhkan organisasi dengan cara di mana elemen berinteraksi satu sama lain , bukan hanya mengikuti perintah langsung. Organisasi data baru ini tidak memerlukan " back story " dan setiap elemen interaktif informasi berdiri sendiri. New Media memerlukan penafsiran non-linear , karena banyak sumber yang sering berorientasi di sekitar subjek – pusat yang sama, tetapi tidak selalu disusun . Pada sekarang ini semua ini berarti bahwa salah satu ciri utama dari New Media adalah bahwa ia dibebaskan dari pembatasan linear format lama seperti surat kabar , buku , dan majalah .

Mungkin konsepsi New Media ini hanya bagian dari seluruh gambar dan garis kerangka diskusi yang lebih mendalam . Kami menyadari bahwa banyak antarmuka secara online memperkaya pengalaman universitas dan kantor, membuat nesting dan penulisan yang dapat dipahaim, drop- box , dan dukungan chat berbasis pusat . Hal pertama yang disadari oleh siapa saja yang menggunakan " New Media " di abad dua puluh satu ini adalah bahwa teknologi dan kemampuan untuk inovasi tidak selalu menentukan kegunaannya atau itu potensial. Tentu saja, itu semua berada di bahu pengguna.

Salah satu contoh aplikasi new media adalah jejaring social “facebook”
Facebook adalah sebuah Web Jejaring sosial yang mempertemukan orang-orang diseluruh dunia, saat ini hampir semua pengguna internet di Indonesia atau bahkan di Dunia ini menggunakan atau memiliki account facebook, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jejaring social ini telah membuat para penggunanya terjipnotis dan asiiik dengan aplikasi-aplikasi yang diberikan/disediakan, seperti melengkapi kekurangan jejaring social sebelumnya yang juga cukup banyak digunakan yaitu Friendster.
 Beberapa fitur yang tersedia didalam nya adalah

Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.

Comments, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.

Notes & Tagging Notes, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.

Chat, pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.






Sumber
http://ikhsanturion.blogspot.co.id/2013/10/pengenalan-dan-konsep-new-media.html                                 

0 komentar:

Posting Komentar